Sekilas Wajah UMKM Industri Konveksi Pakaian

wajah-konveksi-pakaian
Spread the love

Indonesia familiar dikenal sebagai salah satu negara yang konsumtif di Asia. Mulai dari industri otomotif, elektronik, hingga makanan. Tapi jangan salah, Indonesia pun dikenal dengan beberapa industri yang produktif. Salah satunya adalah industri garmen atau konveksi pakaian. Tidak jarang Indonesia banyak mengimpor pakaian seperti kemeja dan kaos.

Sebelum digencarkannya program yang bersangkutan dengan industri kreatif oleh pemerintah Indonesia, industri pakaian sebetulnya sudah berkembang. Sering kita lihat banyak bisnis distro dan fashion yang kini dikategorikan ke dalam industri kreatif.

Konveksi juga termasuk di antara industri kreatif. Bisnis konveksi memiliki produk yang berhubungan dengan kreatifitas. Berkreasi dengan desain pakaian, model hingga warna. Konveksi sekarang menjadi satu di antara bisnis UMKM favorit yang semakin banyak di Indonesia. Contohnya adalah konveksi kaos tersebar nyaris di seluruh wilayah Indonesia, dengan pusatnya yang terbanyak adalah di pulau Jawa.

Semakin banyaknya bisnis clothing dan distro adalah hal yang mendukung menjamurnya usaha konveksi. Clothing dan distro yang ada di Bandung saja contohnya. Sudah ada banyak sekali di sana. Kota-kota besar di porvinsi selain DKI Jakarta dan Bandung juga mengikuti. Ada konveksi di Yogyakarta, konveksi di Surabaya, konveksi Semarang, dan banyak lagi konveksi di kota lainnya.

Salah satu faktor pendukungnya adalah banyak pula jasa penjahit yang ada di tiap kota. Jasa penjahit yang berbentuk rumahan juga ada. Ada yang produksi jahit kemeja seragam kerja, jersey, jaket, sweater dan lain-lain. Tapi banyak sekali memang yang khusus memproduksi t-shirt (kaos).

Kaos merupakan primadona di sekian banyak negara. Mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa menggunakan kaos. Di dalam industri fashion, kaos adalah produk yang terus menerus populer hingga sekarang. Padahal menurut sejarahnya, kaos tergolong produk fashion strata sangat bawah. Sekarang kaos menjadi pakaian favorit semua orang.

Baca juga : Alas Tikar Yang Digunakan untuk Aikido

Permulaan fungsi pemakaian kaos ialah untuk semua tentara, namun kaos sekarang berevolusi jadi fashion yang sangat trendy. Pakaian ini seperti dapat beradaptasi dengan situasi ekonomi. Sebab kaos terdapat mulai dari harga murah hingga yang tidak masuk akal mahalnya. Kaos pun dapat digunakan sebagai media bagi para desainer, seniman, atau semua pelaku kreatif guna bereksplorasi. Sudah banyak desain gambar dan pola yang tertumpahkan di atas kaos.

Konveksi saat ini sudah menerapkan teknik jahit yang berkembang. Bahan kain juga semakin bervariasi. Eksplorasi kecocokan model dan bahan pakaian tergantung pada semua pelaku industri kreatif ini.

Konveksi biasanya menggarap semua proses produksi. Mulai dari mendesain pola, memotong bahan, penciptaan sampai pakaian tersebut jadi. Memang kadang-kadang ada juga konveksi yang mengkhususkan diri pada pekerjaan tertentu seperti menjahit pola saja. Jadi ada beberapa teknik yang memang dikerjakan oleh tenaga yang sudah berpengalaman.

Selain distro, seringkali para konveksi pun ada yang memusatkan bisnis mereka memproduksi pakaian untuk merchandise dan promosi. Dalam proses produksi nyaris tidak terdapat perbedaan. Pakaian promosi seringkali dikenakan oleh event organizer, perusahaan atau perorangan yang membutuhkannya untuk mempromosikan suatu produk atau brand.

Di dalam proses produksi, konveksi pakaian pasti akan megnikuti pesanan klien. Seperti desain pakaian, desain, warna, bahkan hingga packaging. Semua akan diusahakan sesuai dengan keinginan pemesan.

Seperti itulah gambaran industri konveksi saat ini. Memang industri kelas UMKM ini cukup popular, namun juga tidak ada yang menjamin keberhasilannya. Semua itu akan dikembalikan lagi kepada kegigihan si pelaku bisnis.