Cara Ampuh Mengatasi Eksim

Spread the love

Eksim merupakan kondisi yang menyebabkan gatal dan ruam bersisik pada kulit. Eksim sering disebabkan oleh alergi pada makanan, bahan kimia tertentu, atau kondisi lingkungan sekitar seperti kekeringan. Ruam tidak selalu tanda dari alergi, ruam juga bisa dikarenakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya. Gejala eksim dapat muncul dimana saja dan akan muncul beberapa menit sampai beberapa jam setelah terpapar makanan atau zat yang dianggap mengganggu. Eksim mudah menyebar dalam keluarga dan sering disertai kecendrungan terkena asma, demam hay, dan gatal-gatal.

Jenis eksim yang paling sering dijumpai ialah dermatitis atopik; istilah atopik mengacu pada kecendrungan pribadi dan keluarga untuk menderita eksim, demam hay, dan asma. Jenis eksim lainnya ialah dermatitis kontak, yang mana terjadi setelah zat merusak kulit, dan eksim seboroik, yang lebih dikenal sebagai ketombe, atau bercak minyak bersisik pada kulit dan kulit kepala.

Kaitan Dengan Nutrisi

Beberapa makanan memang bisa meringankan eksim, tapi beberapa makanan juga dapat memicu eksim. Perhatikan tips-tips berikut ini:

Periksakan alergi Anda. Penyebab alergi meliputi telur, produk berbahan dasar susu, seafood, kenari, dan kacang pikan. Susu sapi juga bisa menyebabkan eksim pada bayi dan anak-anak; susu kambing atau susu kedelai masih lebih diperbolehkan dari pada susu sapi. Banyak anak-anak yang kesensitifannya perlahan hilang setelah menginjak usia 6 tahun, tapi banyak juga yang mengalami kambuh seumur hidup.

Perbanyak konsumsi antioksidan. Kekeringan dapat menyebabkan eksim dengan memicu pembentukan radikal bebas, oleh karena itu dapat diatasi dengan antioksidan seperti beta-karoten. Buah berwarna terang dan sayuran seperti aprikot, labu, mangga, wortel, labu merah/kuning, dan ubi manis merupakan sumber antioksidan yang baik.

Makan makanan yang kaya akan asam lemak esensial. Makanan seperti minyak sayur, lemak ikan, dan benih lenan bisa mengurangi pembengkakan yang ada dengan membantu menghasilkan zat seperti hormone yang disebut prostaglandin. Prostaglandin inilah yang bisa mengurangi peradangan.

Konsumsi banyak vitamin B6. Beberapa peneliti percaya bahwa diet tinggi vitamin B6 dapat melindungi tubuh melawan ruam yang sensitive. Sumber vitamin B6 yang baik misalnya ikan yang berminyak, daging, kacang polong, pisang, nasi merah, gandum, dan sayuran berdaun hijau.

Selain Pola Makan

Banyak hal yang berpotensi menyebabkan eksim yang tidak berhubungan dengan makanan. Berikut ini rekomendasi umum untuk Anda agar eksim tidak bertambah parah:

Hindari pemicu yang sudah Anda ketahui. Jika ruam yang Anda alami semakin memburuk dalam cuaca panas dan yang sangat dingin, makan artinya Anda perlu menghindari suhu yang ekstrim. Belilah sabun, deterjen, dan tisu toilet yang tidak menggunakan bahan pewarna dan pewangi.

Evaluasi penyebab eksternal. Penyebab yang paling sering ialah nikel, yaitu bahan yang digunakan untuk perhiasan imitasi; lateks, yang sering digunakan dalam sarung tangan rumahan dan industry; kain wol; produk perawatan kulit yang berbahan dasar lanolin, minyak alami yang berasal dari wol; dan perekat akrilik, yang biasa dipakai pada kuku akrilik dan sneakers.

Sumber: deherba.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *